Pulau Misool, Kepingan Surga di Raja Ampat


Setiap sudut pulau Misool menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Mulai dari bentangan pantai dan pasir putihnya, taman laut yang eksotis, danau ubur-ubur sampai dengan hutan mangrove.
Ada keunikan tersendiri di tiap gugusan pulau di Raja Ampat. Salah satunya adalah Pulau Misool. Pulau yang memiliki deretan batu karang di bagian timur merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau terbesar di gugusan kepulauan tersebut berbatasan dengan Laut Seram dimana perairan tersebut merupakan jalur lintas binatang laut lepas seperti paus.
Aktivitas Wisata di Misool
Snorkeling dan diving tentu menjadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat menjejakkan kaki di kawasan wisata ini. Saking banyaknya titik penyelaman yang memukau, rasanya akan butuh banyak waktu untuk menjelajahi taman laut Pulau Misool yang masih alami dan sangat kaya ini. Untuk itu, mintalah rekomendasi dari fasilitator setempat mengenai lokasi terbaik dan kondisi cuaca saat itu agar bisa menikmati aktivitas menyelam semaksimal mungkin.
Selain itu, kamu juga bisa mencoba Scuba Diving atau kayaking untuk melihat beragam jenis ikan, terumbu karang, hiu, penyu, pari, dan biota laut lain yang menghuni surga bawah laut Pulau Misool. Karena begitu jernih, kamu bahkan bisa mencapai hingga jarak pandang 25 meter!
Di Pulau Misool, kamu juga harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke Danau Ubur-ubur. Seperti namanya, danau ubur-ubur ini merupakan tempat berkoloninya ubur-ubur yang sangat cantik. Jangan khawatir, karena semua ubur-ubur yang ada di danau ini tidak beracun sehingga aman untuk dikunjungi
Yang ngak kalah penting, jangan lupa untuk berfoto di puncak bebatuan karst raja ampat, Goa Putri Termenung (trekking sedikit menyusuri gua untuk ber foto dengan stalakit berbentuk patungan putri sedang termenung), atau mengunjungi Goa Tengkorak untuk melihat tempat bersejarah dimana masyarakat Misool menyimpan jasad orang yang sudah meninggal.

Wisata Boat Trip Misool
Boat trips bisa menjadi pilihan aktivitas wisata menarik lainnya saat mengunjungi pulau ini. Dengan menggunakan perahu boat yang disewakan oleh pihak setempat, kamu akan menjelajahi pemandangan eksotis flora dan fauna hutan mangrove di sekitar Pulau Misool yang nyaris belum terjamah kerusakan dan polusi.
Satu lagi tempat favorit di pulau ini yang mesti kamu kunjungi dengan menggunakan kapal adalah sebuah lokasi tersembunyi di antara labirin batuan karst untuk melihat keberadaan lukisan berbentuk tangan manusia, ikan, dan lainnya di dinding-dinding gua atau yang disebut juga dengan petroglyph. Bayangkan, lukisan cantik berwarna dominan merah tersebut diperkirakan berusia sekitar 5.000 tahun!
Eksotisme Pedesaan Misool
Bukan hanya kekayaan dan keindahan alam, Pulau Misool juga memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang masih sangat kental. Ada beberapa desa di sekitar Pulau Misool yang menarik untuk dikunjungi. Di desa ini, kamu juga bisa melakukan wisata kuliner untuk mencoba makan khas masyarakat Papua, yakni Papeda yang dikombinasikan dengan segarnya Kuah Kuning dan Ikan Tude Bakar, juga lezatnya Dabu-dabu dan sambal rica.
Transportasi Misool
Waktu tercepat yang ditempuh kapal dari Bandara Domne Eduard Osok di Sorong untuk bisa sampai ke pulau Misool adalah sekitar 4 sampai 5 jam, dengan tarif yang berkisar Rp 200 ribuan. Namun jika ingin yang lebih murah, kamu bisa menggunakan kapal biasa dengan tarif hanya Rp 70 ribuan. Hanya saja, waktu yang harus ditempuh terbilang cukup lama, yakni 10-12 jam.

0 Komentar